Pemanfaatan Sumber dan Media Pembelajaran dalam Menumbuhkan Berpikir Kreatif Pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Muslimat NU 2 Singosari Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Maghfiroh, Nur Lailatul
dc.date.accessioned 2022-08-01T02:33:31Z
dc.date.available 2022-08-01T02:33:31Z
dc.date.issued 2022-05-20
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4433
dc.description.abstract Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks, dimana banyak faktor yang ikut mempengaruhinya. Faktor pertama yang mempengaruhi adalah guru. Guru merupakan komponen pengajaran yang memegang peranan penting dalam keberhasilan proses belajar. Faktor kedua menurunnya kualitas pendidikan disebabkan karena sistem kurang tepat. Sistem klasikal dinilai belum mampu mengembangkan kemampuan anak didik karena telah membatasi perkembangannya. Masalah lain dalam bidang pendidikan di Indonesia adalah bahwa pendekatan dalam pembelajaran masih terlalu didominasi oleh peran guru. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran serta hasil penilaian pemanfaatan sumber dan media pembelajaran dalam menumbuhkan berpikir kreatif pada anak usia dini kelompok B di TK Muslimat NU 2 Singosari Malang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran serta hasil penilaian pemanfaatan sumber dan media pembelajaran dalam menumbuhkan berpikir kreatif pada anak usia dini kelompok B di TK Muslimat NU 2 Singosari Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan jenis pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur kepada pihak terkait. Sumber data dari sumber data primer dan sekunder. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi. Sebelum pembelajaran di kelas penting bagi guru untuk menyusun perangkat pembelajaran seperti RPPM dan RPPH, agar selama proses pembelajaran di kelas, guru mempunyai pedoman untuk anak didik. Dokumen Rencana Program Pembelajaran (RPPH) terdiri dari beberapa poin yaitu: judul dan identitas lembaga; materi pembelajaran tujuan pembelajaran; sumber belajar dan alat permainan edukatif; rencana kegiatan yang meliputi kegiatan pembukaan, inti serta kegiatan penutup; dan rencana penilaian.sebagai acuan hal-hal yang akan dinilai guru. Sebagai rekomendasi dari penelitian ini adalah agar guru selalu kreatif dalam menyediakan bahan pembelajaran bagi anak serta pengadaan media dari bahan yang lebih variatif. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Berpikir Kreatif, Sumber Belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pendidikan Guru Raudhatul Athfal en_US
dc.subject Pendidikan Islam Anak Usia Dini en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.subject Berpikir Kreatif en_US
dc.subject Sumber Belajar en_US
dc.title Pemanfaatan Sumber dan Media Pembelajaran dalam Menumbuhkan Berpikir Kreatif Pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Muslimat NU 2 Singosari Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account