Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi investasi dan pengetahuan investasi terhadap minat investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang di pasar modal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang angkatan 2018 - 2020. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang angkatan 2018 - 2020. yang telah mengambil mata kuliah Pasar Modal Pasar Uang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan jumlah sampel yang dipilih adalah 92 responden. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 16. Data uji yang digunakan adalah uji hipotesis konkuren (f), koefisien determinan (r2) dan uji parsial (t). berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan variabel motivasi investasi dan pengetahuan investasi berpengaruh signifikan terhadap variabel minat investasi.
Kata kunci: motivasi investasi, pengetahuan investasi, minat investasi, pasar uang pasar modal