Pengembangan Gepugi (Game Putar Makanan Bergizi) untuk Stimulus Makanan Bergizi Anak Usia Dini

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Umami, Khilyati
dc.date.accessioned 2023-07-31T01:37:46Z
dc.date.available 2023-07-31T01:37:46Z
dc.date.issued 2023-06-22
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7637
dc.description.abstract Makanan yang bergizi sangat penting untuk anak usia dini. Namun, kesadaran makanan bergizi pada anak usai dini di RA Ar-Roudloh Singosari kurang mendapatkan perhatian khusus sehingga kebanyakan anak kurang menyukai makanan bergizi seperti nasi, sayur, ikan, lauk pauk, dan buah-buahan yang mengandung zat-zat diperlukan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Hal ini disebabkan karena belum adanya media yang tepat untuk mengenalkan makanan bergizi pada anak usia dini. Jenis penelitian ini yakni Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan Subjek 35 anak kelompok B di RA Ar-Roudloh Singosari. Tahap pertama yang dilakukan adalah menganalisis potensi dan masalah terkait kesadaran makanan bergizi di RA Ar-Roudloh Singosari. Tahap kedua yakni melakukan pengumpulan data melalui kajian pustaka mengenai makanan bergizi. Tahap ketiga yakni membuat desain produk pengembangan media pembelajaran untuk mengenalkan makanan bergizi bagi anak usia dini. Kemudian, melakukan validasi kepada ahli gizi dan ahli media pembelajaran terkait desain yang telah dibuat untuk dilakukan revisi pada desain. Tahap selanjutnya adalah uji coba produk yang dikembangkan untuk dilakukan revisi kembali. Selanjutnya melakukan uji coba pemakaian kepada kelompok B RA Ar-Roudloh Singosari. Tahap berikutnya yakni revisi produk hingga menjadi produk akhir yang siap untuk dilakukan produksi massal. Media tersebut telah diujikan terlebih dahulu kepada 6 anak dengan hasil menunjukkan aspek keamanan 75%, aspek kemudahan 50%, dan aspek kesenangan 62,5%. Maka, perlu dilakukan revisi kembali untuk meningkatkan ketiga aspek tersebut. Setelah melakukan revisi, tahap selanjutnya adalah uji coba pemakaian kepada 35 anak kelompok B di RA Ar-Roudloh Singosari yang menunjukkan hasil aspek keamanan 76%, aspek kemudahan 82%, dan aspek kesenangan 80%. Setelah itu dilakukan revisi produk pada beberapa bagian sehingga dapat melakukan tahap akhir pengembangan yakni produksi massal media GEPUGI (Game Putar Makanan Bergizi). Dalam tahap ini, dilakukan percobaan media di kelompok B RA Al-Aminah sebagai pembanding. Adapun hasil yang didapatkan adalah aspek keamanan 83%, aspek kemudahan 92%, dan aspek kesenangan 88%. Data tersebut menunjukkan bahwa media GEPUGI (Game Putar Makanan Bergizi) sangat baik dan dapat digunakan. Kata Kunci: Makanan Bergizi, Media GEPUGI (Game Putar Makanan Bergizi), Anak Usia Dini en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Makanan Bergizi en_US
dc.subject Media GEPUGI (Game Putar Makanan Bergizi) en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Pengembangan Gepugi (Game Putar Makanan Bergizi) untuk Stimulus Makanan Bergizi Anak Usia Dini en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account