Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.
dc.contributor.author | Andayani, Viny Avionita | |
dc.date.accessioned | 2023-08-02T01:22:41Z | |
dc.date.available | 2023-08-02T01:22:41Z | |
dc.date.issued | 2023-07-04 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7683 | |
dc.description.abstract | Reward merupakan penghargaan atau hadiah sedangkan punishment merupakan hukuman atau ganjaran keduanya menjadi bagian dari proses pembelajaran, karena kurangnya motivasi dalam belajar siswa yang menjadikan reward dan punishment sebagai alternatif guru Tematik dalam memotivasi belajar siswa MI Thoriqul Huda. Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yaitu sebagai berikut 1)Bentuk penerapan reward dan punishment yang pernah di terapkan di MI Thoriqul Huda pada pembelajaran Tematik kelas IV, 2) Indikator peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik melalui peerapan reward dan punishment 3) Faktor penghambat dan pendukung penerapan reward dan punishment dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MI Thoriqul Huda, dan data yang didapatkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan yaitu ketekunan, pemeriksaan sejawat, dan triangulasi. Bentuk reward dalam pembelajaran Tematik kelas IV berupa pujian dan pemberian hadiah dan bentuk punishment dalam pembelajaran Tematik kelas IV dengan mengerjakan ulang pr 3 kali lipat, membersihkan lingkungan sekolah, praktek menyanyi, Push up 5 kali , bentuk indikator peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui penerapan reward dan punishment adalah antusias belajar, meningkatkan prestasi belajar, disiplin dalam belajar, fokus dan semangat dalam belajar, faktor penghambat pada penerapan reward dan punishment adalah pemberian reward terlalu sering akan menjadikan kebiasaan pada anak-anak, dalam pemberian punishment beberapa anak tidak jera setelah diberikan hukuman, jumlah anak kelas IV dengan jumlah kelas besar. Faktor pendukung pemberian reward berupa pujian, barang, atau uang sangat bagus untuk memotivasi belajar siswa, Anak-anak siap menerima apa yang diberikan oleh bapak-ibu guru bentuk kesiapan anak dari pemberian punishment. Kata Kunci: Reward, Punishment, Motivasi | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Malang | en_US |
dc.subject | Reward | en_US |
dc.subject | Punishment | en_US |
dc.subject | Motivasi | en_US |
dc.title | Penerapan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Kelas IV di MI Thoriqul Huda Kota Batu | en_US |
dc.type | Other | en_US |