Pendidikan tidak hanya mendidik para peserta didiknya untuk menjadi manusia yang pintar, tetapi juga dapat mengembangkan kepribadian peserta didik agar mempunyai akhlak mulia di tengah keberagaman masyarakat. Fenomena dekadensi moral dan merosotnya karakter peserta didik, perlu diatasi melalui urgensi implementasi nilai aswaja yang membentuk karakter siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1). nilai-nilai aswaja dalam pembentukan karakter peserta didik di SD NU Hasyim Asyari, 2). implementasi nilai aswaja dalam pembentukan karakter peserta didik di SD NU Hasyim Asyari, 3). model pembentukan karakter peserta didik melalui nilai aswaja pada siswa SD NU Hasyim Asyari.
Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, jenis penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, proses, kejadian, dan aktifitas kepada satu orang atau lebih mengenai Implementasi Nilai-nilai Aswaja Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SD NU Hasyim Asy’ari Malang Sedangkan Teknik pengumpulan data yang dapat dilakukan, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Nilai Tasamuh berupa saling toleran dan menghargai sesama, implentasi nilai tawasuth berupa sikap moderat berada di pertengahan, implementasi nilai tawazun agar seimbang dalam bersikap, implementasi nilai i’tidal berupa keadilan terhadap sesama. Model pembentukan karakter peserta didik melalui nilai-nilai aswaja dapat dilakukan melalui keteladanan, Pembiasaan, dan Pembinaan Disiplin Peserta Didik.
Kata Kunci: Implementasi, Nilai Aswaja, Karakter Peserta Didik