Peran Kepala Madrasah dalam Membentuk Budaya Religius di MI Bustanul Ulum Kota Batu

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Aulia, Anisa Salsabella
dc.date.accessioned 2023-08-02T01:26:32Z
dc.date.available 2023-08-02T01:26:32Z
dc.date.issued 2023-07-04
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7687
dc.description.abstract Terbentuknya lingkungan sekolah atau madrasah yang baik tentunya terdapat sebuah peran dan upaya kepala madrasah di dalamnya sebagai pemegang kendali dan penentu arah dalam sebuah kebijakan madrasah. Selain itu kepala madrasah juga tidak hanya bertanggung jawab atas kelancaran jalannya kegiatan madrasah secara teknis akademik saja, akan tetapi juga seluruh kegiatan dan keadaan lingkungan madrasah yang merupakan tanggung jawabnya untuk mewujudkan budaya yang baik di dalam madrasah. Budaya religius di dalam madrasah juga merupakan hal yang sangat baik untuk diterapkan, hal ini tidak terlepas dari peran kepala madrasah itu sendiri sebagai pembentuk program budaya religius. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yaitu sebagai berikut 1) Bagaimana Program Kepala Madrasah dalam Membentuk Budaya Religius di MI Bustanul Ulum Kota Batu. 2) Bagaimana Pelaksanaan Program Kepala Madrasah dalam Membentuk Budaya Religius di MI Bustanul Ulum Kota Batu. 3) Bagaimana Evaluasi Program Kepala Madrasah dalam Membentuk Budaya Religius di MI Bustanul Ulum Kota Batu. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis pendeketan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilaksanakan di MI Bustanul Ulum Kota Batu, dan data yang didapatkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan yakni: ketekunan pengamatan, triangulasi dan referensi. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan membuahkan sebuah kesimpulan: (1) Melalui kegiatan pembentukan budaya religius kepala madrasah langsung terjun ke lapangan untuk mencari apa yang dibutuhkan dalam program pembentukan madrasah sesuai dengan keadaan dan kondisi, Membentuk program pembentukan budaya religius bersama dengan melibatkan waka kurikulum, waka kesiswaan, guru agama, guru kelas maupun wali murid peserta didik. (2) Pelaksanaan program kepala madrasah dalam membentuk budaya religius di MI Bustanul Ulum Kota Batu adalah sebagai berikut: a) Pembiasaan sebelum pembelajaran, b) pembiasaan selama pembelajaran c) pembiasaan di luar pembelajaran (3) Evaluasi program kepala madrasah dalam membentuk budaya religius di MI Bustanul Ulum Kota Batu adapun setiap program Pendidikan yang dijalankan selalu diharapkan bisa berdampak baik untuk stakeholder dan selalu melimbatkan beberapa komponen dalam pembentukan budaya religius di madrasah untuk kesepakatan bersama.n M Kata Kunci: Peran, Budaya, Religius en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Budaya en_US
dc.subject Religius en_US
dc.title Peran Kepala Madrasah dalam Membentuk Budaya Religius di MI Bustanul Ulum Kota Batu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account