Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Brawijaya Smart School Kota Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Chusnia, A’imatul
dc.date.accessioned 2023-08-02T01:35:09Z
dc.date.available 2023-08-02T01:35:09Z
dc.date.issued 2023-07-20
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7696
dc.description.abstract Kurikulum merdeka merupakan salah satu trobosan baru yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) dalam upaya mengembangkan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Kurikulum merdeka sendiri merupakan salah satu bentuk penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Karena kurikulum merdeka ini merupakan kurikulum baru, maka dalam penerapannya guru diharapkan mempunyai bekal kesiapan yang matang. Karena guru mempunyai peranan yang penting dalam penerapan kurikulum merdeka. Kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka perlu dikembangkan dan diasah karena guru adalah peran utama dalam berhasilnya penerapan kurikulum di suatu lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka di SD Brawijaya Smart School Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif yang di amati secara langsung. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan yakni dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisi data yang digunakan yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka di SD Brawijaya Smart School Kota Malang cukup matang dan siap dalam menerapkan kurikulum merdeka pada peserta didik. Karena guru telah mendapatkan berbagai sosialisasi, webinar, workshop, dan juga pelatihan yang berkaitan dengan penerapan kurikulum merdeka. karena dengan hal tersebut dapat memupuk kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Faktor pendukung dalam penerapan kurikulum merdeka di SD Brawijaya Smart School Kota Malang yakni dengan adanya dukungan penuh dari kepala sekolah terkait pelaksanaan penerapan kurikulum merdeka, tersedianya sarana prasarana yang memadai di lingkungan sekolah, serta adanya dana untuk menunjang pembelajaran. Sedangkan faktor hambatan cukup minim, yakni hanya terletak pada kurangnya praktik guru dalam penyusunan modul dan kurangnya kerjasama antar guru kelas dan guru mapel dalam menerapkan kurikulum merdeka. Kata kunci: Kesiapan Guru, Kurikulum Merdeka en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Kesiapan Guru en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.title Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Brawijaya Smart School Kota Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account