View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Mind Mapping pada Pembelajaran Tematik Kelas VI di SD Negeri 1 Gunungrejo Singosari Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.739Mb)
Fulltext (2.128Mb)
Date
2022-07-08
Author
Rohmah, Rosidah Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dapat dilihat juga dari pengajaran yang mereka terapkan terhadap siswa. Banyak pendidik menggunakan metode yang membuat mereka lebih bisa di mengerti akan pengajarannya, dan juga masih dengan metode lama yang mereka terapkan dikarenakan masih menggunakan pengajaran yang lama. Berdasarkan uraian yang dipaparkan peneliti ingin melakukan penelitian yang berjudul “Implementasi Mind Mapping dalam pembelajaran Tematik kelas IV di SD Negeri 1 Gunungrejo pada tahun 2021/2022. Dan harapan peneliti Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV di SD Negeri 1 Gunungrejo. Untuk mengetahui perencanaan Metode Mind Mapping pada pembelajaran Tematik di Kelas VI.Untuk dapat mengetahui Pelaksanaan Metode Mind Mapping pada pembelajaran tematik di Kelas VI SD.Untuk dapat Mengetahui Hasil Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Tematik di kelas VI. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus, yang mana digunakan untuk memperoleh data dengan melakukan studi lapangan.(Albi: 2018) bahwa studi kasus merupakan upaya pengumpulan dan mengorganisasi serta menganalisis data tentang kasus-kasus tertentu berkenan dengan permasalahan-permasalahan yang menjadi perhatian peneliti untuk kemudian data tersebut dibandingkan atau dihubungkan satu sama lain. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa mengenalkan metode pembelajaran yang baru kepada siswa-siswi sangatlah penting, karena agar bisa mendorong mereka untuk melakukan pembelajaran yang lebih kreatif dan paham lagi. Dan membuat mereka lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan dan tidak merasa bosan. Dari kesimpulan yang di dapat, setelah guru melakukan penjelasan dan percobaan berulang-ulang siswa lebih paham akan materi yang terdapat didalam tema.Pelaksanaan pembelajaran didalam kelas menggunakan kurikulum 2013.Yang dimana pembelajaran dijadikan satu tema dan kemudian saling ada kaitannya dalam pembelajaran. Oleh karena itu pendidik harus lebih inovatif dan kreatif dalam menerangkan sebuah materi, salah satunya menggunakaan metode Mind Mapping untuk menjadikan siswa lebih efektif dalam menerima materi pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi Mind Mapping, Pembelajaran Tematik, Siswa
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8845
Collections
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group