View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

StrategiI Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kunir Kidul 04

Thumbnail
View/Open
Publish (1.899Mb)
Fulltext (2.728Mb)
Date
2023-10-09
Author
Arivoriza, Lidia Gita
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa masih banyak siswa SD/MI yang kurang menyadari akan pentingnya membaca, siswa kurang minat membaca pelajaran yang dipelajari. Hal ini akan berdampak menurunnya minat baca siswa SD/MI, sehingga minat baca siswa rendah. Oleh sebab itu perlu adanya suatu strategi yang sesuai dan tepat dari guru dalam meningkatkan minat baca siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswa SDN Kunir Kidul 04? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswaSDN Kuir Kidul 04? (3) Bagaimana faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat baca siswaSDN Kunir Kidul 04? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Dasar Negeri Kunir Kidul 04. Sumber daata yang peneliti peroleh berasal dari kepala sekolah, guru, siswa dan juga dokumen sekolah. Metode yang digunakan oleh peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Perencanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu dalam bentuk-bentuk strategi. Guru merencanakan itu mulai dari memperkenalkan buku-buku ke peserta didik, memberi motivasi atau dorongan ke peserta didik tentang pentingnya membaca, memberi tugas meresume mencakup 5W+1H, membuat pertanyaan yang jawabannya ada di materi, mencari kliping atau artikel terkait materi yang diajarkan, dan ada kerjasama antara guru dengan orang tua siswa. (2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu dalam pelaksanaan yang guru lakukan sudah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan yaitu guru memberikan tugas meresume, membuat kliping, membuat pertanyaan dan mendorong siswa untuk bercerita tentang apa yang telah di dengar atau di bacanya. (3). Faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu kurangnya variasi buku, minimnya koleksi buku yang ada di kelas-kelas, dan masih ada siswa yang belum bisa membaca. Kata Kunci : Strategi, Guru, Minat Baca, Siswa, Sekolah Dasar
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8854
Collections
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group