Pengaruh Kualitas Proyek, Return, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Masyarakat Memberikan Pendanaan pada “PT. Alami Fintek Sharia”
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas proyek, return, dan kepercayaan terhadap keputusan masyarakat memberikan pendanaan pada PT. Alami Fintek Sharia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah individu atau masyarakat yang pernah memberikan kontribusi dana pada PT. Alami Fintek Sharia, dan teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling dengan penerapan rumus Slovin dengan melibatkan 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui survei kuesioner, untuk menganalisis data dalam konteks ini menggunakan software SPSS yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji F, uji koefisien determinasi (Adjusted R2), dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel kualitas proyek, return, dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan masyarakat memberikan pendanaan pada PT. Alami Fintek Sharia. Secara parsial variabel kualitas proyek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memberikan pendanaan pada PT. Alami Fintek Sharia, dan variabel return secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memberikan pendanaan pada PT. Alami Fintek Sharia, serta variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memberikan pendanaan pada PT. Alami Fintek Sharia. Sehingga penelitian ini berkontribusi pada pengembangan teori TPB (Theory of Planned Behavior) yang merupakan modifikasi dari TRA (Theory of Reasoned Action). Hal ini secara khusus bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi individu memberikan pendanaan pada platform fintech lending syariah, dengan fokus pada aspek-aspek seperti kualitas proyek, return, dan kepercayaan, yang mana dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai partisipasi pendanaan pada platform fintech lending syariah
Kata Kunci: Kualitas Proyek, Return, Kepercayaan, Keputusan Masyarakat