Analisis Strategi Digital Content Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Omzet pada Brand Wishyouworeit
Abstract
Konsep society 5.0 yang mulai muncul di jepang telah menjadi topik utama dalam perubahan sosial dan ekonomi di era global. Pemanfaatan teknologi digital pada era baru ini harus diperhatikan oleh perusahaan atau brand. Penggunaan internet di Indonesia yang terus meningkat ini menimbulkan peningkatan pada media sosial yang digunakan. Jumlah pelaku bisnis yang bergerak dibidang usaha yang sama dan menawarkan berbagai produk atau jasa serupa membuat masyarakat kesulitan menentukan pilihannya. Pengakuan luas terhadap suatu produk bergantung pada keberadaan merek tersebut di pasaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi digital content marketing dalam meningkatkan brand awareness dan omzet pada wishyouworeit.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu pemilik atau owner wishyouworeit, marketing wishyouworeit, dan konsumen wishyouworeit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi wishyouworeit dalam content marketing menerapkan penentuan tujuan (determine objectives), pemetaan audiens (target mapping), ide dan perencanaan konten (Content ideation), membuat konten (content creation), mendistribusikan konten (content distribution), penguatan konten (content amplification), mengevaluasi content marketing (content marketing evaluation), dan improvisasi content marketing (content marketing improvement). Strategi yang diterapkan wishyouworeit mampu meningkatkan brand awareness konsumen dan mampu menjadikan top of mind pada benak konsumen. Wishyouworeit juga mampu meningkatkan omzet sebesar 20% hingga 30% pada tahun 2024.
Kata Kunci : content marketing, brand awareness, omzet