Analisis Swot dalam Implementasi Digital Marketing pada UMKMWarung Agrin
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi digital marketing pada UMKM Warung Agrin, 2) Untuk mengetahui analisis SWOT digital marketing pada UMKM Warung Agrin, 3) Untuk mengetahui strategi digital marketing pada UMKM Warung Agrin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan narasumber kunci, utama, dan pendukung. Hasil penelitian menggunakan analisis SWOT dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yaitu posisi kekuatan (strenghts) lebih besar dengan keseluruhan total skor yang diperoleh sebesar 2,40 dibandingkan dengan posisi kelemahan (weaknesses) sebesar 1,09. Kemudian pada faktor eksternal perusahaan posisi peluang (opportunities) lebih besar dengan skor nilai sebesar 1,80 dibandingkan dengan posisi ancaman (threats) sebesar 0,93. Pada diagram SWOT, total skor IFAS 3,49 dan skor EFAS 2,73 menempati kuadran 1 yang mendukung strategi agresif. Strategi agresif mendukung perusahaan untuk terus memaksimalkan kekuatan serta peluang yang ada untuk maju dan meraih kesuksesan yang lebih besar. Penerapan strategi agresif dalam digital marketing di Warung Agrin meliputi penggunaan ads atau iklan dan kerja sama dengan influencer. Strategi ini memungkingkan UMKM Warung Agrin memberikan informasi secara terus- menerus kepada audiens, dan dapat lebih dikenal oleh masyarakat.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Digital Marketing, UMKM