Analisis Pengaruh Online Customer Review di Youtube, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Malang Program studi Manajemen angkatan 2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review Online Yotube (X1), Kualitas Produk (X2), dan Harga (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y) Smartphone Samsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan mengambil sampel dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang angkatan 2019, sebanyak 100 orang yang pernah membeli smartphone merek Samsung sebagai subjek penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik rumus dari Malhotra, dan pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS dengan melakukan uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji Hipotesis dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Review Online di YouTube (X1), kualitas produk (X2), dan Harga(X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) Smartphone Samsung. Sedangkan secara parsial variabel Review Online di YouTube (X1), kualitas produk (X2), dan Harga(X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) Smartphone Samsung.
Kata kunci: Review Online di YouTube, kualitas produk, Harga, Keputusan Pembelian