Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Konsumen Miniso Mall Olympic Garden Malang Pengguna Aplikasi GoPay)
Abstract
Monika Poppiyani, 2024, Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Penggunaan Ulang E-Money (Studi Pada Konsumen Miniso Mall Olympic Garden Malang Pengguna GoPay). Dosen Pembimbing I: Dr. Rini Rayahu Kurniati, M.Si, Dosen Pembimbing II: Dra. Ratna Nikin Hardati, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana persepsi kemudahan, manfaat, dan kepercayaan konsumen memengaruhi minat mereka untuk menggunakan kembali E-Money. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan kuesioner. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling. Untuk menganalisis data, digunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel persepsi kemudahan berpengaruh berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan ulang E-Money yang dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,0008>0,05 dan juga t hitung < t tabel (2,718<1,663). Variabel kemanfaatan penggunaan berpengaruh berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan ulang E-Money yang dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,0004>0,05 dan juga t hitung < t tabel (2,934<1,663). Variabel kepercayaan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan ulang E-Money yang dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,0039<0,05 dan juga t hitung > t tabel (2,091>1,663). Secara simultan (F) menunjukan bahwa variabel kemudahan penggunaan, kemanfaatan, dan kepercayaan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan ulang E-Money. Hal tersebut dibuktikan dengan F hitung> F tabel (20,457>3,101).
Kata kunci: Kemudahan Penggunaan, Pengalaman, Kepercayaan Konsumen dan Minat Penggunaan Ulang E-Money.