Pengaruh Islamic Branding, E-Service Quality, dan Trust Terhadap Keputusan Konsumen Berinvestasi pada Alami Peer to Peer Lending Syariah (Studi Kasus pada PT Alami Fintek Sharia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Islamic Branding, E-Service Quality, dan Trust terhadap keputusan konsumen untuk berinvestasi pada platform peer-to-peer lending syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah mengumpulkan data melalui kuesioner kepada responden yang telah menggunakan layanan investasi tersebut dan telah bergabung dalam Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI). peneliti mendapat responden sebanyak 96 responden. Lalu data dianalisis menggunakan berbagai macam uji, seperti uji regresi linier berganda, instrument, normalitas, asumsi klasik, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic Branding berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen untuk berinvestasi pada peer-to-peer lending syariah. Selain itu, E-Service Quality juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan konsumen. Selanjutnya, Trust terbukti menjadi faktor penting lainnya yang memengaruhi keputusan konsumen untuk berinvestasi pada platform ini. Secara keseluruhan, ketiga variabel penelitian, yaitu Islamic Branding, E-Service Quality, dan Trust, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen berinvestasi pada platform peer-to-peer lending syariah.
Kata Kunci: Islamic Branding, E-Service Quality, Trust, keputusan konsumen.