Analisis Pengaruh Hedonisme, Religiusitas, Motivasi dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada Bank Syariah Indonesia (Studi kasus Nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Lawang)
Abstract
Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan industri perbankan syariah, Bank Umum Syariah (BUS) bersaing ketat dalam menarik minat masyarakat untuk menabung pada bank masing-masing. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan menyediakan produk-produk bank kepada masyarakat untuk dipromosikan melalui media cetak maupun elektronik. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh perbankan syariah termasuk ke dalam kegiatan pengelolaan pemasaran bank yang harus dilakukan seefektif dan seefisien mungkin dan mampu menarik minat masyarakat sehingga tujuan bank dapat tercapai dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap keputusan menjadi nasabah. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dengan metode pengambilan data menggunakan metode Kuisioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 sampel. Kemudian metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel hedonisme, religiusitas, motivasi dan promosi berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Syariah Indonesia, berdasarkan pengujian secara parsial variabel hedonisme berpengaruh positif terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Syariah Indonesia., variabel religiusitas secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Syariah Indonesia, variabel motivasi secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Syariah Indonesia, variabel promosi secara parsial berpengaruh negatif terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Syariah Indonesia.
Kata Kunci: Hedonisme, Keputusan Menjadi Nasabah, Motivasi, Promosi, Religiusitas.