Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Karakter Wirausaha dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Menggunakan E-Commerce (Mahasiswa Aktif Perguruan Tinggi di Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh pengetahuan kewirausahaan, efikasi diri, karakter wirausaha, dan litersi digital terhadap minat berwirausaha menggunakan e-commerce pada mahasiswa aktif perguruan tinggi di Kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif yang menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian data yang digunakan adalah pengujian hipotesis parsial (Uji t). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (Uji t) variabel pengetahuan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha menggunakan e-commerce pada mahasiswa aktif perguruan tinggi di Kota Malang, variabel efikasi diri tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha menggunakan e-commerce pada mahasiswa aktif perguruan tinggi di Kota Malang, variabel karakter wirausaha berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha menggunakan e-commerce pada mahasiswa aktif perguruan tinggi di Kota Malang dan variabel literasi digital berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha menggunakan e-commerce pada mahasiswa aktif perguruan tinggi di Kota Malang.
Kata Kunci: Pengetahuan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Karakter Wirausaha dan Literasi Digital