View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Inovasi Sekarputih Pintar dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik pada Kelurahan Sekarputih Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso

Thumbnail
View/Open
Fulltext (3.425Mb)
Date
2024-08-05
Author
Putri, Sindi Novita Yulanda
Metadata
Show full item record
Abstract
Inovasi adalah penerapan gagasan baru yang diharapkan dapat menghasilkan hal yang menarik dan bermanfaat, baik untuk inovator maupun masyarakat. Dalam konteks pelayanan publik, inovasi menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat. Kelurahan Sekarputih di Kecamatan Tegalampel, Kabupaten Bondowoso, menghadapi tantangan dalam pelayanan publik akibat kepadatan penduduk dan keterbatasan sumber daya. Untuk mengatasi masalah ini, diluncurkanlah inovasi "Sekarputih Pintar" yang memanfaatkan website untuk mempermudah akses layanan administrasi. Program ini memungkinkan warga untuk mengurus berbagai perizinan secara online tanpa harus datang langsung ke kantor kelurahan, serta membentuk RT Pintar untuk membantu warga yang tidak memiliki akses internet. Inovasi ini memperoleh apresiasi dari Gubernur Jawa Timur dan diakui dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) 2022 sebagai bentuk pelayanan efektif tanpa antri. Studi ini membandingkan inovasi Sekarputih Pintar dengan beberapa penelitian terdahulu terkait e-government dan inovasi pelayanan publik. Metode yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif, dengan fokus penelitian dengan menggunakan teori indikator atau atribut inovasi yakni Relative Advantage (keuntungan relatif dari inovasi), Compatibility (kesesuaian inovasi), Complexity (kerumitan inovasi), Triability (kemungkinan dicoba), Observability (kemudahan untuk diamati). Data berupa data primer yang didapat secara langsung melalui wawancara dan juga data sekunder dari sumber-sumber lain yang berkaitan. Analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasilnya ditemukan bahwasanya Relative Advantage (keuntungan relatif dari inovasi) yang didapat yakni adanya pelayanan administrasi yang lebih efektif dan efisien dan adanya keseuaian inovasi dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adanya Sekarputih Pintar ini mampu menjadi jawaban atas kebutuhan yang ada di masyarakat yakni adanya keluhan masyarakat Kelurahan Sekarputih. Banyak masyarakat desa yang mengurus dokumen administrasi yang mereka butuhkan mereka sempat meminta hal tersebut agar bisa diurus melalui sistem online saja, dalam hal ini mereka minta untuk dapat meminta melalui WhatsApp. Melalui hal tersebut, Pemerintahan yang ada mencoba untuk menciptakan inovasi yang lebih baik lagi melalui google form. Selain itu, terdapat pula dampak Dampak Positif yakni terciptanya proses pelayanan yang lebih efektif dan efisien dan Kelurahan Sekarputih mengalami perkembangan mutu pada sistem pelayanan, selain itu juga adanya pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Sekarputih. Dan pada dampak negatif tidak semua orang yang ada di Kelurahan Sekarputih memiliki pengetahuan akan teknologi yang kian maju. Mayoritas hal ini terjadi pada masyarakat dengan usia lanjut ataupun masyarakat yang gagap teknologi. Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan Publik, Sekarputih Pintar.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10462
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group