View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Manajemen Kinerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (Studi pada Pelaksanaan Pembangunan Sarana Prasarana di Kelurahan Blimbing)

Thumbnail
View/Open
Fulltext (7.685Mb)
Date
2024-07-24
Author
Nuzula, Firdausi
Metadata
Show full item record
Abstract
Pemerataan terhadap pembangunan menjadi bagian dari fokus pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dalam menjangkau pemerataan perwujudan pembangunan dapat dimulai dari desa/kelurahan. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sebuah organisasi masyarakat yang difokuskan kepada pemberdayaan masyarakat. Organisasi masyarakat tersebut dapat berupa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan yang merupakan wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah daerah dalam menampung, mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan. Untuk mengatur kegiatan kerja yang dilakukan, perlu adanya manajemen kinerja yang mana kegiatannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, serta tindak lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kinerja dan kinerja LPMK serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembangunan sarana prasarana di Kelurahan Blimbing. Pada penelitian ini menggunakan Teori Manajemen Kinerja Siklus Model Deming yang dikemukakan oleh William Edwards Deming dengan 4 indikator yaitu plan, do, check, dan act. Selain itu, penelitian ini menggunakan Teori Kinerja yang dikemukakan oleh Stephen P. Robbins dan Timothy A. Judge dengan 5 indikator yaitu kualitas kerja, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kinerja LPMK dalam pelaksanaan pembangunan sarana prasarana di Kelurahan Blimbing sudah berjalan dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, serta pengambilan tindakan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan. Selain itu, kinerja LPMK juga dinilai berhasil dalam merealisasikan pembangunan sarana prasarana di Kelurahan Blimbing sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan. Dengan didukung penuh oleh pemerintah dan masyarakat, pembangunan sarana prasarana di Kelurahan Blimbing dapat berjalan dengan semestinya. Meskipun ada sedikit hambatan yang terjadi seperti keterbatasan anggaran dan kurangnya komunikasi sehingga diharapkan untuk meningkatkan jalinan komunikasi antara masyarakat, pemerintah kelurahan dan pengurus LPMK untuk mewujudkan pembangunan yang lebih merata. Kata Kunci: Manajemen Kinerja, Kinerja, Pembangunan Sarana Prasarana
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10465
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group