Analisis Minat Mahasiswa UNISMA Terhadap Penggunaan E-Wallet dengan Mempertimbangkan Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kepercayaan
Abstract
E-wallet adalah sistem transfer uang elektronik yang berjalan pada aplikasi. Dalam penelitian ini digunakan e-wallet ShopeePay untuk melihat minat, pandangan mahasiswa UNISMA memanfaatkan e-wallet pada kemudahan penggunaan, kemanfaatan penggunaan dan kepercayaan diri dalam penggunaan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif karena fokusnya adalah pada evaluasi teori melalui pengukuran variabel numerik dan analisis data statistik menggunakan SPSS, Digunakan survei dalam pengumpulan data yang akan dianalisis. Saat menggunakan pendekatan survei, data dikumpulkan dari sumber ilmiah tertentu (bukan buatan), namun prosesnya ditangani oleh peneliti menggunakan alat seperti kuesioner dan wawancara. Hasil dan kesimpulan menunjukkan bahwa di Universitas Islam Malang, antusiasme mahasiswa dalam menggunakan e-wallet ShopeePay tidak dipengaruhi oleh persepsi mereka tentang betapa bermanfaatnva dompet tersebut. Tertariknya mahasiswa Universitas Islam Malang untuk memanfaatkan dompet elektronik ShopeePay tidak dipengaruhi oleh persepsi mereka mengenai kemudahan penggunaannva Mahasiswa Universitas Islam Malang mempunyai pengaruh vang baik dan besar terhadap minat mereka dalam menggunakan dompet elektronik ShopeePay secara keseluruhan, hal ini dipengaruhi oleh persepsi kepercayaan mereka
Kata kunci: Analisis Minat Mahasiswa, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Uang elektronik
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Serta Persepsi Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Dana (pada Mahasiswa Manajemen FEB UNISMA)
Arriza, Ubaidillah (Universitas Islam Malang, 2021-12-27)Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ... -
Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Brimo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Unisma Angkatan 2019)
Lutfiah, Amira Fajril (Universitas Islam Malang, 2023-06-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi keamanan, dan ketersediaan fitur terhadap minat penggunaan aplikasi BRImo. Jenis penelitian yang digunakan ... -
Pengaruh Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kemampuan Finansial Terhadap Minat Penggunaan Pembayaran Elektronik (Studi pada: Mahasiswa Pengguna ShopeePay di Universitas Muhammadiyah Malang)
Rismadayanti, Aulia Savira (Universitas Islam Malang, 2023-07-04)Kemajuan teknologi yang didorong oleh revolusi internet telah mengubah wajah industri keuangan yang mengarah pada perubahan layanan keuangan elektronik. Transformasi sistem pembayaran elektronik mengakibatkan maraknya ...