Pengaruh Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kemampuan Finansial Terhadap Minat Penggunaan Pembayaran Elektronik (Studi pada: Mahasiswa Pengguna ShopeePay di Universitas Muhammadiyah Malang)
Abstract
Kemajuan teknologi yang didorong oleh revolusi internet telah mengubah wajah industri keuangan yang mengarah pada perubahan layanan keuangan elektronik. Transformasi sistem pembayaran elektronik mengakibatkan maraknya inovasi berbentuk fitur pembayaran elektronik melalui smartphone, salah satunya ShopeePay milik PT. Shopee Internasional Indonesia. Beberapa kasus ShopeePay menunjukkan bahwa dari masih adanya masalah keamanan dan kemudahan ShopeePay, serta kemampuan finansial pengguna dalam mengisi saldo yang mengharuskan pihak ShopeePay untuk terus meningkatkan pembayaran elektroniknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persepsi keamanan, persepsi kemudahan, dan persepsi kemampuan finansial baik secara parsial ataupun simultan terhadap minat penggunaan pembayaran elektronik pada mahasiswa pengguna ShopeePay di Universitas Muhammadiyah Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Responden yang ditentukan sejumlah 100 responden dari mahasiswa pengguna ShopeePay di Universitas Muhammadiyah Malang dengan memakai teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji intrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis, koefisien determinasi, dan uji dominan dengan bantuan Aplikasi IBM SPSS Statistic 24. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif baik secara parsial ataupun simultan variabel persepsi keamanan, persepsi kemudahan, dan persepsi kemampuan finansial terhadap minat penggunaan pembayaran elektronik pada mahasiswa pengguna ShopeePay di Universitas Muhammadiyah Malang. Serta variabel dominan dalam penelitian ini adalah variabel persepsi kemampuan finansial.
Kata Kunci: Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemampuan Finansial, Minat Penggunaan Pembayaran Elektronik
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Serta Persepsi Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Dana (pada Mahasiswa Manajemen FEB UNISMA)
Arriza, Ubaidillah (Universitas Islam Malang, 2021-12-27)Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ... -
Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Brimo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Unisma Angkatan 2019)
Lutfiah, Amira Fajril (Universitas Islam Malang, 2023-06-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi keamanan, dan ketersediaan fitur terhadap minat penggunaan aplikasi BRImo. Jenis penelitian yang digunakan ... -
Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Pelayanan Elektronik Payment Terhadap Keputusan Penggunaan Brizzi Card(Studi Kasus Pada Tenan Di Pt. Hyarta Danadipa Raya Untuk Pembayaran Sewa, Listrik, Air Mall Dinoyo City Dan Pasar Terpadu Dinoyo)“
Mustofa, Muhammad Zainul (Universitas Islam Malang, 2021-01-30)Penelitian yang dibuat ini bertujuan pertama, yakni untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk kelulusan, Dan yang kedua, yakni untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan seberapa besar pengaruh tiga variabel penelitian ...