View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Inovasi Pelayanan Kesehatan Pada Aplikasi Mobile Jkn Terhadap Peserta Bpjs Kesehatan (Studi Kasus BPJS Kesehatan Malang)

Thumbnail
View/Open
fulltext (2.284Mb)
publish (1.396Mb)
Date
2024-02-16
Author
Fitri, Widyawati
Metadata
Show full item record
Abstract
Pada skripsi ini, penulis mengangkat Inovasi Pelayanan Kesehatan Pada Aplikasi Mobile JKN Terhadap Peserta BPJS Kesehatan (Studi Kasus BPJS Kesehatan Malang). Pilihan tema tersebut, dilatar belakangi dalam peningkatan kualitas pelayanan jaminan sosial, BPJS Kesehatan telah berinovasi dengan layanan terbaru yang berbasis teknologi informasi yaitu Mobile JKN meliputi kemudahan untuk mendaftar, merubah data kepesertaan, dan membayar iuran. Aplikasi ini diharapkan bisa membantu mengurangi antrian masyarakat di kantor BPJS Kesehatan Penulis mengangkat rumusan masalah yaitu Bagaimana inovasi aplikasi mobile JKN dalam meningkatkan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan, dan Apa yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam menggunakan aplikasi mobile JKN. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yakni dengan prosedur pemecahan masalah yang dimiliki, dengan mengambarkan keadaan sekitar secara detail sesuai objek penelitian berdasarkan fakta-fakta. Pemilihan tempat penelitian yang diambil adalah BPJS Kesehatan Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan agar valid dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa, Aplikasi Mobile JKN sepertinya semua merasa terbantu dan termudahkan dengan adanya aplikasi, karena mereka tidak perlu repot ke kantor cabang tapi sudah bisa mengakses aplikasi di smartphone dan hal ini juga membantu BPJS Kesehatan Cabang Kota Malang dalam memberikan pelayanan yang lebih baik, meningkatkan kepuasan peserta, dan menjadikan layanan yang mudah diakses oleh masyarakat. Inovasi terbaru yang diberikan oleh BPJS Kesehatan yaitu tentang BPJS Keliling, inovasi ini hadir untuk masyarakat plosok desa yang tujuannya mempermudah mereka dalam mendapatkan layanan karena tidak perlu jauh-jauh ke kantor cabang hanya perlu ke Kantor Desa saja BPJS Keliling hadir memenuhi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat plosok desa. Selanjutnya, aplikasi Mobile JKN memiliki Pertama, Faktor pendukung yang bermanfaat bagi pengguna Aplikasi Mobile JKN karena merasa diuntungkan dengan adanya aplikasi, dan membuat Masyarakat lebih mudah untuk memantau, mengelola, dan mengakses layanan kesehatan. Kedua, faktor penghambat ialah Masyarakat merasa kurang dalam mendapatkan pelayanannya, dan lambatnya respon pada aplikasi mobile JKN yang membuat masyarakat atau peserta BPJS Kesehatan terhambat dalam memperoleh layanan, oleh karena itu dua faktor ini sangat membantu kantor cabang dalam meningkatkan pelayanan dan lebih bersosialisasi ke Masyarakat untuk memberikan informasi terkait Aplikasi Mobile JKN. Kata Kunci : Aplikasi Mobile JKN, Inovasi, Pelayanan, BPJS Kesehatan
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11332
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group