Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Lazada (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang Pengguna Marketplace Lazada)
Abstract
Lazada adalah situs e-commerce yang menawarkan beberapa alat keperluan seperti handphone/tablet, peralatan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan, fashion pria dan wanita, peralatan bayi dan anak, elektronik, makanan dan minuman, otomotif, media musik buku dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada e-commerce lazada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 konsumen lazada, dan teknik analisis data menggunakan analisis faktor Konfirmatori.
Hasil analisis minat beli adalah 6 faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada e-commerce lazada. Analisis faktor minat beli diketahui bahwa, X1.1 F1 nilai P (0,330) X1.2F1 nilai P (0,324), X1.3 F1 nilai P (0,435), X2.1 F2 nilai P (0,277), X3.1F3 nilai P(0,076), X4.1 F4 nilai P (0,265), X5.1F5, nilai P (0,665), X5.2 F5 nilai P (0,241), X6.1F6 nilai P (0,752) dikatakan signifikan karena nilai P lebih besar dari nilai taraf signifikasi 5% (0,05), maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dari 15 indikator yang ada hanya 9 indikator yang mempengaruhi minat beli konsumen pada e-commerce lazada.