Pengaruh Brand Image, Label Halal Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Gacoan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari tiga faktor berbedaBrand Image (citra merek), Label Halal (label yang menunjukkan produk sesuai dengan standar halal), dan Promosi (upaya pemasaran) terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Mie Gacoan di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan sampel sebanyak 100 orang yang berasal dari Kota Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling untuk memastikan responden yang representatif. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda melalui SPSS. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel independen Brand Image, Label Halal, dan Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mie Gacoan di Kota Malang. Hasil pengujian secara parsial mengungkapkan bahwa Brand Image (X1) mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat secara positif. Label Halal (X2) berkontribusi negatif terhadap keputusan pembelian masyarakat, demikian pula dengan Promosi (X3), yang menunjukkan pengaruh positif yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin intensif promosi dilakukan dan semakin banyak masyarakat yang mengetahui bahwa Mie Gacoan sudah bersertifikat halal, maka keputusan pembelian masyarakat akan semakin tinggi. Secara keseluruhan, analisis regresi linier menegaskan bahwa promosi yang baik berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian masyarakat.
Kata Kunci : Brand Image, Label Halal, Promosi