Pengaruh Transparansi, Literasi Keuangan Syariah dan Religiusitas Gen Z Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan dimana untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh transparansi, literasi keuangan syariah dan religiusitas Gen Z terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan sampel yang dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui link google form yang telah disebarkan kepada mahasiswa FEB Universitas Islam Malang angkatan 2020 yang menjadi nasabah di Bank syariah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validasi dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linier berganda, uji f (simultan) dan uji koefesien determinasi (R2), serta uji-t (parsial) dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 26: (1) Transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah. (2) Literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah di bank syaiah. (3) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah.
Kata Kunci: Transparansi, Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Minat Menjadi Nasabah.