Pengaruh E-Service Quality Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Umkm Donat Kentang By Papadonat Dau Di E-Marketplace Shopeefood
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui mengukur pengaruh variabel e-service quality, brand image terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel 101 responden dengan teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis linier berganda serta menggunakan program IBM SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel e-service quality secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 > 0,050 dan diperoleh t hitung 4,046 > 1,660 t tabel. Variabel brand image terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikan 0,010 > 0,050 dan diperoleh t hitung 2,615 > 1,660 t tabel. Dan variabel e-service quality dan brand image terhadap kepuasan pelanggan secara simultan mendapatkan nilai signifikan 0,000 > 0,050 dan diperoleh F hitung 28,949 > 3,940 F tabel. Bahwa dalam penelitian ini ada variabel e-servise quality dan brand image pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.