Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Mahasiswa Muslim Dalam Menabung di Bank Syariah
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan dimana untuk melihat apakah terdapat pengaruh faktor promosi, pengetahuan terkait bank syariah dan kepercayaan terhadap kurangnya minat mahasiswa muslim untuk menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan sampel yang dilakukan dengan menggunakan metode proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui link google form yang telah disebarkan kepada mahasiswa muslim Universitas yang ada di kota Malang yaitu, Universitas Islam Malang, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim, dan Universitas Muhammadiyah Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linier berganda, uji f (simultan) dan uji-t (parsial), serta uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25: (1) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kurangnya keinginan mahasiswa muslim untuk menabung di bank syariah. (2) Pengetahuan tentang perbankan syariah berpengaruh positif signifikan terhadap kurangnya keinginan mahasiswa muslim untuk menabung di bank syariah. (3) Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap kurangnya kemauan mahasiswa muslim untuk menabung di bank syariah.