View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Good Governance Dalam Pelayanan E-Ktp Di Mal Pelayanan Publik Kota Mojokerto

Thumbnail
View/Open
publish (2.426Mb)
fulltext (5.339Mb)
Date
2025-01-18
Author
Yudha, Audy Aulia
Metadata
Show full item record
Abstract
Prinsip-Prinsip Good Governance adalah tata pemerintahan yang baik. Good Governance menyangkut pelaksanaan kekuasaan pemerintah dalam menjalankan fungsinya secara utuh dan menyeluruh sebagai kesatuan tindakan yang teratur, baik itu dalam bidang ekonomi, politik, dan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi prinsip-prinsip good governance serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam pelayanan pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto. Prinsip-prinsip yang menjadi fokus penelitian meliputi akuntabilitas, transparansi, keterbukaan, dan kepatuhan terhadap aturan hukum yang merupakan landasan penting dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi dengan melibatkan pegawai Dispendukcapil, serta masyarakat sebagai pengguna layanan. Serta dianalisis menggunakan model teknik analisis interaktif. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah Dari implementasi prinsip akuntabilitas, transparansi, keterbukaan, dan aturan hukum ada satu prinsip yang masih belum optimal dalam pelaksanaannya yaitu akuntabilitas. Pada prinsip akuntabilitas masih ada kendala yaitu sistem pengendalian dan evaluasi yang masih belum optimal, hal ini berdasarkan pada Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP) dimana salah satu sasaran strategis yaitu Indeks Manajemen Risiko Dispedukcapil kota Mojokerto masih belum tercapai. Pada implementasi prinsip transparansi, keterbukaan, dan aturan hukum sudah berjalan dengan baik sesuai dengan teori yang ada.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11792
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group