Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing, Guerilla Marketing, Ulasan Influencer & E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela
Abstract
Sepatu Ventela berawal dari sebuah pabrik sepatu vulkanisir yang didirikan sejak tahun 1989 di Bandung, Jawa Barat. Sepatu Ventela mulai diperkenalkan pada tahun 2017 oleh William Ventela. Dalam upayanya untuk memberikan kesan “The Perfect Shoes,” William Ventela memiliki visi untuk menciptakan sepatu yang dapat dikenakan oleh semua kalangan, mulai dari anak usia satu tahun hingga dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh Sosial Media Marketing, Guerilla Marketing, Ulasan Influencer dan e-Sevice Quality Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela (Studi kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 135 responden yang di dapat dari teknik re sampling yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian data yang digunakan adalah uji hipotesis secara parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Sosial Media Marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Guerilla Marketing berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Ulasan Influencer berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan e-Service Quality tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.