Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Warkop Langgano Mojoagung Kabupaten Jombang)
Abstract
Saat ini ketatnya persaingan yang ada menyebabkan munculnya kompetisi para pelaku bisnis yang satu dengan pelaku bisnis lainnya dalam mencapai kesuksesan. Salah satu bisnis yang banyak diminati dimasa sekarang adalah bisnis dibidang makanan dan minuman, salah satunya yaitu bisnis coffee shop. Menurut Fatmarani, (2022) menyatakan bahwa jumlah coffee shop yang ada di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan yaitu meningkat 3 kali lipat dari tahun 2016 ke tahun 2019 dan diprediksi terus akan bertambah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pada Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Cita Rasa terhadap Kepuasan Konsumen di Warkop Langgano Mojoagung, Kabupaten Jombang. Populasi yang di lakukan dalam penelitian ini ialah konsumen yang pernah berkunjung di Warkop Langgano. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang digunakan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 85 responden. Dengan hasil uji regresi linier berganda, kualitas pelayanan, kualitas produk, dan cita rasa berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa secara simultan kualitas pelayanan, kualitas produk, dan cita rasa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, secara parsial kualitas pelayanan, kualitas produk, dan cita arsa memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan, kualitas produk, dan cira rasa memberikan kontribusi sebasar 88% terhadap kepuasan konsumen Warkop Langgano.