Pengaruh Social Media Marketing terhadap Loyalitas Konsumen dengan Customer Behavior Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Brewog Sound System Blitar)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tidak langsung Social Media Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Customer Behaviour. Penelitian dilakukan kepada pelanggan Brewog Sound System di Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research melalui pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pelanggan Brewog Sound System di Kota Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path) dengan membandingkan pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung antar variabel penelitian. Pengujian pengaruh tidak langsung Social Media Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Customer Behaviour dilakukan dengan menggunakan rumus pengaruh mediasi Sobel (Sobel Test). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Social Media Marketing terhadap Customer Behaviour. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Social Media Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Customer Behaviour terhadap Loyalitas Pelanggan. Terdapat pengaruh tidak langsung Social Media Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Customer Behaviour.
Kata Kunci : Social Media Marketing, Loyalitas Pelanggan, Customer Behaviour.