Pengaruh Produk Bank Syari’ah Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kinerja Pelayanan Bank Syari’ah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Bank Syari’ah Mandiri Rogojampi Kab. Banyuwangi)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Produk Bank Syari’ah Mandiri terhadap
Keputusan Pembelian dengan Kinerja Pelayanan Bank Syari’ah sebagai variable intervening (Studi Kasus Bank Syari’ah Mandiri Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi). Penelitian ini dilaksanakan Oktober 2018 sampai Februari 2019 dengan menggunakan variabel exogenous yakni Produk Bank Syari’ah(penghimpunan dana dan penyaluran dana) dan variabel endogenous yaitu Keputusan Pembelian(Y) serta variabel Kinerja Pelayanan sebagai variabel intervening(Z). Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank Syari’ah Mandiri Rogojampi. Sampel pada penelitian ini adalah responden yang merupakan nasabah aktif minimal satu tahun hingga sekarang, terdiri dari 67 laki-laki dan 48 perempuan dengan total 115 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tipe penelitian ini tergolong penelitian penjelasan (explanatory research). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di hitung menggunakan skala likert. Metode analisis data menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) yang terstandarisasi dan dihitung melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 pengaruh langsung dan 1 pengaruh tidak langsung.Yaitu Produk Bank Syari’ah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pelayanan (semakin tinggi Produk Bank Syari’ah maka Kinerja Pelayanan akan semakin meningkat dan sebaliknya). Produk Bank Syari’ah berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian.. Kinerja Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (semakin tinggi Kinerja Pelayanan maka Keputusan Pembelian akan semakin meningkat dan sebaliknya). Hasil pengujian pengaruh tidak langsung diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan dengan arah positif antara Produk Bank Syari’ah terhadap Keputusan Pembelian melalui Kinerja Pelayanan (bila Produk Bank Syari’ah semakin tinggi akan diikuti dengan Kinerja Pelayanan yang semakin tinggi pula, maka Keputusan Pembelian akan semakin meningkat dan sebaliknya).
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pelaksanaan Roya Hak Tanggungan Terhadap Bank Syari’ah Yang Di Merger Menjadi Bank Syari Ah Indonesia (Studi Di Kantor Pertanahan Kota Malang)
Iryawanto, Jefri (Universitas Islam Malang, 2022-11-17)Bank Syari’ah Indonesia lahir dari hasil merger atau penggabungan 3 bank Syari’ah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Bank BRI Syari’ah Tbk (BRIS), PT Bank BNI Syari’ah (BNIS), dan PT Bank Syari’ah Mandiri (BSM). ... -
Analisis Efektifitas Corporate Social Responsibility terhadap Kemaslahatan Stakeholder Berdasarkan Konsep Maqashid Syari’ah pada Bank Syariah (Studi Kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang)
Kartikasari, Indah Gita (Universitas Islam Malang, 2020-07-21)Pendekatan kualitatif digunakan dalam proses penggalian data pada penelitian ini dan termasuk keadalam tipe penelitian deskriptif. Serta dalam penggalian data, diterapkan observasi dan wawancara terstruktur. Dimana lokasi ... -
Konsep TASBIH: Jembatan Antara Ekspektasi dan Realita Marketer Syari’ah dalam Mencapai Target
Sari, Arista Fauzi Kartika (Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, 2021)Tulisan ini untuk mengetahui antara ekspektasi dan realitas dari marketer syariah dalam memasarkan produk perbankan syariah. Ekspektasi yang diharapkan, mereka tetap berpegangan pada prinsip islam dalam mencapai target ...