Pengaruh Point of Purchase Display dan Diskon Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Studi Kasus pada Konsumen Indomaret Jl. Raya Dipomangolo Malang 65154 Jawa Timur)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dikarenakan pada program studi ilmu administrasi
bisnis telah diajarkan mata kuliah kewirausahaan yang didalamnya juga diajarkan
mengenai cara mempromosikan produk. Tujuan dari diadakannya penelitian ini
yaitu guna mengetahui mengenai pengaruh point of purchase display yang terdiri
dari 4 indikator (branding, durability,visibility & accessibility, costumer
education) serta diskon yang terdiri dari 3 indikator ( menghemat pengeluaran,
konsumen merasa dimanjakan, mempunyai kesempatan untuk mengonsumsi merk
lain) terhadap pembelian tidak terencana yang terdiri dari 3 indikator ( impulse
pengingat, impulse saran dan impulse terencana). Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik sampling yang
digunakan merupakan insidental sampling dengan total sampel 120 responden
serta menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.
Penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara variabel point of purchase display dan diskon
terhadap pembelian tidak terencana. Hal tersebut ditunjukkan dengan Fhitung> Ftabel
(53,757 > 3,07) dengan sig sebesar 0,000.