Pengaruh Daya Tarik dan Kredibilitas Beauty Vlogger sebagai Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Subscribers Youtube Channel Suhay Salim di Indonesia)
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai macam sektor,
salah satunya dalam hal promosi. Hal tersebut digunakan untuk menarik konsumen
untuk membeli produk yang dijual. Salah satu yang sering digunakan oleh
perusahaan adalah melalui jasa beauty vlogger sebagai celebrity endorsernya
seperti beauty vlogger Suhay Salim.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beauty vlogger
sebagai celebrity endorser yang di dalamnya terdiri dari daya tarik dan kredibilitas
terhadap keputusan pembelian secara parsial, simultan dan mengetahui variabel
yang berpengaruh paling dominan. Metode penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif. Sampel berjumlah 120 subscribers channel YouTube Suhay Salim di
Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji normalitas serta
koefisien deteriminasi menggunakan bantuan software SPSS 16.0.
Hasil penelitian ini yaitu variabel daya tarik berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan hasil thitung (6,718) > t tabel (1,98045) dan nilai
signfikan 0,000 < 0,05 sedangkan variabel kredibilitas tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil t tabel (0,800) < t hitung
(1,98045) dan nilai Sig. 0,426 > 0,05. Variabel daya tarik dan kredibilitas secara
simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil F hitung (34,327)
> F tabel (3,07) dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Variabel yang berpengaruh dominan
terhadap keputusan pembelian adalah daya tarik dengan nilai Beta tersebesar senilai
0,571 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai koefisien determinasi yang disesuaikan
oleh R Square sebesar 0,370 sama dengan 37 % maka nilai tersebut menunjukkan
bahwa daya tarik dan kredibilitas dapat menjelaskan variabel terikat keputusan
pembelian sebesar 37 %.