Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Kas Unisma)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena terdapat keluhan nasabah mengenai
pelayanan yang ada pada BRI Kas UNISMA. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap
kepuasan nasabah pada BRI Kas UNISMA. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini
adalah probability sampling yaitu menggunakan random sampling dengan jumlah
sampel 294 responden serta menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap
kepuasan nasabah, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,639 >
1,968, variabel citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah, hal ini ditunjukkan
dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 14,973 > 1,968. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan memiliki
pengaruh sebesar 55,7% terhadap kepuasan nasabah, sedangkan 44,3% sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.