Pengaruh Interpersonal Skill dan Salesmanship Skill Melalui Kinerja Tenaga Penjualan terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi Kasus pada PT. Sinar Niaga Sejahtera Malang)
Abstract
Peningkatan kinerja tenaga penjualan dipengaruhi oleh kompetensi yang
dimiliki oleh tenaga penjualan dalam melakukan kegiatan menjualnya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interpersonal skill dan salesmanship skill
melalui kinerja tenaga penjualan terhadap kepercayaan konsumen pada PT. Sinar
Niaga Sejahtera Malang. Pengambilan sampel sebanyak 103 responden dari 140
populasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, kuesioner, observasi
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu path analysis (analisis jalur)
dengan program IBM SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja tenaga penjualan mampu
memediasi antara interpersonal skill terhadap kepercayaan konsumen dengan nilai
total 0,371 > 0,329 dari nilai pengaruh langsungnya. Kinerja tenaga penjualan
mampu memediasi antara salesmanship skill terhadap kepercayaan konsumen
dengan nilai total 0,189 > 0,153 dari nilai pengaruh langsungnya.
Kesimpulan dari penelitian ini terbukti bahwa variabel kinerja tenaga
penjualan mampu memediasi variabel interpersonal skill dan salesmanship skill
terhadap kepercayaan konsumen.