Pengaruh Pengembangan Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Konsumen : Studi Kasus pada Urip Urup Tour &Travel di Kota Malang, Jawa Timur
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena seiring dengan munculnya perusahaan jasa dibidang
transportasi khususnya Rental, yang membuat masyarakat semakin banyak yang menjadikannya
sebagai mata pencaharian.Semakin ramainya permintaan seseorang untuk menggunakan biro jasa
rental mobil agar mendapatkan kenyamanan dalam perjalanan tentu membuat banyak
bermunculan usaha-usaha biro jasa. Maka dari itu kualitas pelayanan akan sangat berperan
penting dalam merebut pasar. Suatu pelayanan terhadap konsumen sangat berperan penting
untuk membuat apakah seorang pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang di
berikan.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik purposive
sampling.Jumlah sampelyang digunakan pada penelitian ini adalah 100 responden serta
menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
variabelkemampuan terhadap kepuasan konsumen sebesar 2.340 dengan t tabel 1,985 tidak
berpengaruh signifikan antara variabel sikap terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.099 dengan
t tabel 1.985, tidak berpengaruh signifikan antara variabel penampilan terhadap kepuasan
konsumen sebesar- 0.913 dengan t tabel 1,985, tidakberpengaruh signifikan antara variabel
perhatian terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.546 dengan t tabel 1.985, terdapat pengaruh
yang positif dan signifikan antara variabel tindakan terhadap kepuasan konsumen sebesar 15.635
dengan t tabel 1.985, dan tidak terdapat pengaruh signivikan antara variabeltanggungjawab
terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.149 dengan t tabel 1.985.