Abstract:
Peneliti memilih situs shopee untuk dijadikan sebagai obyek penelitian yaitu karena shopee menawarkan sebuah tagline yang cukup menguntungkan bagi masyarakat yang suka berbelanja melalui situs jual beli online. Tagline yang berbunyi “Gratis Ongkir Se-Indonesia”.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh persepsi kemudahan, kepercayaan, kemanfaatan dan tagline gratis ongkir terhadap minat beli ulang pada situs shopee online shop secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik penelitian Explanatory research dengan jumlah sampel 90 responden dan menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan menggunakan software SPSS for windows untuk menganalisis pengujian hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kemudahan, kepercayaan, kemanfaatan dan tagline gratis ongkir berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. (2) kepercayaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. (3) kemudahan, kepercayaan dan tagline gratis ongkir secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang.
Kata Kunci: Kemudahan, Kepercayaan, Kemanfaatan, Tagline Gratis Ongkir, Minat Beli Ulang.