Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Pengambilan Keputusan dalam Memilih Tempat Wisata (Studi pada Pengunjung Pantai Religi Nganteb Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang)
Abstract
Pantai Religi Nganteb adalah Pantai umum yang sedang dikembangkan
oleh para lembaga pemerintahan. Upaya telah meningkatkan jumlah pengunjung
Pantai ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh antara faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis
terhadap pengambilan keputusan dalam memilih tempat wisata. Penelitian ini
menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah
pemilihan anggota sampel yang didasarkan atas tujuan dan pertimbangan tertentu.
Hasil penelitian ini menunjukkan thitung ≤ ttabel yaitu 1.273 < 1.980 dan
tingkat signifikan 0.206 > 0.05 variabel faktor budaya tidak berpengaruh signifkan
secara parsial terhadap pengambilan keputusan. thitung > ttabel yaitu 2.254 > 1.980
dan tingkat signifikan 0.026<0.05 variabel faktor sosial berpengaruh signifikan
secara parsial terhadap pengambilan keputusan. thitung < ttabel yaitu 0.929<1.980
dan tingkat signifikan 0.355> 0.05 variabel faktor pribadi tidak pengaruh
signifikan secara parsial terhadap pengambilan keputusan. thitung >ttabel yaitu
5.397>1.980 dan tingkat signifikan 0.000 < 0.05 variabel faktor psikologis
berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan. Uji F terdapat pengaruh
simultan variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis
berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan. hasil ini ditunjukkan
dengan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 24.056 > 2.70 dan Sig. F 0.000 < 0.05.