Pengaruh Modal, Sumber Daya Manusia, E-Commerce, Dan Standarisasi Produk Terhadap Daya Saing (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro Produk Olahan Di Kota Malang)
Abstract
Malang merupakan salah satu kota yang mendukung produk-produk UMKM
yang tersebar luas di area Malang, lebih dari 9.000 usaha mikro, kecil, dan menengah.
Sebagian besar belum mampu berdiri secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modal, sumber daya manusia, e-commerce,
dan standarisasi produk terhadap daya saing. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian explanatori, pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan pada
penelitian ini adalah probability sampling yang menggunakan simple random sampling
dengan cara pengundian yang jumlah sampel sebanyak 71 responden serta
menggunakan teknik regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam uji secara parsial tidak terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel modal terhadap daya saing, hal ini
dibuktikan dengan nilai t hitung < t tabel yaitu -1.628<1.667. Variabel sumber daya
manusia terhadap daya saing terdapat pengaruh yang positif dan signifikan, hal ini
dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3.101>1.667. Variabel e-commerce
terhadap daya saing tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan, hal ini
dibuktikan dengan nilai t hitung < t tabel yaitu 0.791<1.667. Variabel standarisasi
produk terhadap daya saing tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan, hal ini
dibuktikan dengan nilai t hitung < t tabel yaitu -0.890<1.667. Uji secara simultan
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara modal, sumber daya manusia, ecommerce, dan standarisasi produk terhadap daya saing, hal ini dibuktikan dengan nilai
F hitung > F tabel yaitu 4.45>3.14.