Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Paguyuban Sentra Industri Keripik dan Tempe di Kota Malang)
Abstract
Keputusan pembelian didalam proses pemasaran dipengaruhi oleh kualitas
produk, harga dan promosi yang harus diterapkan pemasar.Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga serta promosi pada konsumen
Paguyuban Sentra Industri Keripik dan Tempe Sanan. Pengambilan sampel
sebanyak 100 responden. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan
yaitu analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh
tidak signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial. Hal tersebut
dibuktikan dengan taraf signifikasi 0.080 > 0.05, dan juga thitung >ttabel (1.768 >
1660). Berdasarkan distribusi jawaban responden terkait variabel kualitas produk
diketahui nilai rata-rata item pernyataan yang memiliki nilai tertinggi yaitu
indikator fitur (4.41). Variable harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian secara parsial. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf signifikasi 0.002 <
0.05, dan juga thitung >ttabel (3.252 > 1.660). Berdasarkan distribusi
jawabanresponden terkait variabel harga diketahuirata-rata item pernyataan yang
memiliki nilai tertinggi yaitu indikator tingkatan harga(4.26). Variabel promosi
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial. Hal tersebut
dibuktikan dengan taraf signifikasi 0.018 < 0.05, dan juga thitung >ttabel (2400 >
1.660). Berdasarkan distribusi jawaban responden terkait variabel promosi
diketahui rata-rata item pernyataan yang memiliki nilai tertinggiyaitu indikator
ketepatan sasaran promosi (4.25). Variabel kualitas produk, harga, dan promosi
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. hal tersebut
dibuktikan dengan taraf signifikasi fhitung > ftabel(25.329 > 2.70) dengan taraf
signifikasi 0.000 < 0.05.