Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce (Studi Pada Pengguna Shopee di Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemudahan penggunaan
dan kemanfaatan teknologi informasi terhadap minat beli pada E-commerce.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna teknologi
informasi (khususnya internet) aktif yang pernah berbelanja secara online pada
Shopee di Kota Malang, dan sampelnya adalah 100 responden dengan
menggunakan teknik non probability sampling dengan cara sampling insidental.
Analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Hasil
penelitian menyatakan secara parsial bahwa Kemudahan Penggunaan Teknologi
Informasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Minat Beli,
sedangkan Kemanfaatan Teknologi Informasi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Minat Beli. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa
Kemudahan Penggunaan Dan Kemanfaatan Teknologi Informasi mempunyai
pengaruh yang sangat kuat terhadap Minat Beli pada e-commerce Shopee di Kota
Malang, sehingga hipotesis terbukti dan diterima kebenarannya.