Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Lapsheuristic Dan Strategi Giving Question And Getting Answer Pada Materi Segiempat Peserta Didik Kelas Vii Smpn 1 Kanigoro
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model LAPS-Heuristic
dan strategi giving question and getting answers dengan yang menggunakan
model pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui manakah yang lebih
baik kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model
pembelajaran LAPS-Heuristic dan strategi giving question and getting answers
dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) untuk
mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik
dengan model pembelajaran LAPS-Heuristic dan strategi giving question and
getting answers. Pendekatan yang digunakan yaitu mixed method research
jenis sequential explanatory design. Pada penelitian kuantitatif menggunakan
desain true experimental. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)
Terdapat adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta
didik antara kelas yang menggunakan model LAPS-Heuristic dan strategi
giving question and getting answers dengan kelas yang menggunakan model
konvesional (Sig = 0,014< 0,05); (2) Kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran LAPSHeuristic dan strategi giving question and getting answers lebih baik
dibandingkan peserta didik dengan menggunakan model konvensional (thitung =
> ttabel = 2,00030); (3) Subjek yang telah dipilih pada kelas yang
menggunakan model LAPS-Heuristic dan strategi giving question and getting
answers mempunyai pencapaian indikator yang lebih menguasai daripada kelas
yang menggunakan model konvensional.