Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada pelanggan Jatim Park 3 Kota Wisata Batu)
Abstract
Perusahaan harus memiliki keunggulan bersaing pada produk yang mereka
tawarkan agar dapat mempertahankan loyalitas. Untuk meraih keunggulan bersaing
tersebut adalah experiential marketing dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas
Melalui Kepuasan Pelanggan. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan yaitu path analysis (analisis jalur).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Experiential
Marketing berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas (0,000 < 0,05). Experiential
Marketing berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (0,000 < 0,05).
Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas (0,000 < 0,05), dan
Kepuasan Pelanggan mampu memediasi antara Experiential Marketing terhadap
Loyalitas dengan nilai total ((1,424 > 0,815) dari nilai pengaruh langsungnya.
Kesimpulan dari penelitian ini terbukti bahwa variabel Kepuasan Pelanggan
mampu memediasi variabel Experiential Marketing terhadap Loyalitas.