Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung (Studi Pada Pengunjung Pantai Boom Banyuwangi)
Abstract
Peningkatan Keputusan Berkunjung salah satunya dipengaruhi oleh
Electronic Word Of Mouth, karena media sosial di era sekarang sangat
berpengaruh di kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan
Berkunjung pada Pengunjung Pantai Boom Banyuwangi. Pengambilan sampel
sebanyak 100 responden. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, kuesioner,
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu path analysis (analisis jalur).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial E-WOM
berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung (0,000 < 0,05). E-WOM
berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (0,000 < 0,05). Minat
Berkunjung berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (0,000 <
0,05), dan minat berkunjung mampu memediasi antara E-WOM terhadap
Keputusan Berkunjung dengan nilai total (1,153 > 0,605) dari nilai pengaruh
langsungnya.
Kesimpulan dari penelitian ini terbukti bahwa variabel minat berkunjung
mampu memediasi variabel Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan
Berkunjung.