Abstract:
Bisnis kedai kopi di Indonesia saat ini terus berkembang hal ini terlihat dari meningkatnya
jumlah kedai kopi di Indonesia yang secara signifikan dalam tiga tahun terakhir. Walaupun
konsumsi kopi masyarakat Indonesia rendah tetapi mayoritas adalah pecinta kopi dan
kebanyakan pecinta kopi bukan hanya pria saja melainkan wanita juga menyukai. Dikutip
dalam (beritasatu.com) Trend kopi di tahun 2020 terus akan bertumbuh dan pertumbuhan
tersebut di dukung oleh beberapa faktor yakni seperti kebiasaan (budaya) nongkrong sambil
ngopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas
produk, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen. Populasi penelitian ini yaitu
konsumen Kafe Family Kopi Malang, dengan jumlah sampel 89 responden yang dipilih
menggunakan tehnik purposive sampling. Pengujiian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel
kualitas pelayanan, kualitas produk, harga dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen. Variabel kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh
secara positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen.