dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor dan atribut
yang mempengaruhi tingkat preferensi konsumen dan pengambilan
keputusan dalam memilih daging sapi di Pasar Tradisional, Kecamatan
Sape, Kabupaten Bima. Materi yang digunakan dalam penelitian
preferensi konsumen dalam memilih daging sapi. Bahan yang digunakan
adalah kuisioner dan daging sapi. Metode dalam penelitian ini adalah
survei dengan pengambilan responden secara purposive sampling.
“Penelitian membutuhkan data yang relevan dan benar tanpa adanya
manipulasi data guna keberhasilan penelitian. Oleh karena itu, pentingnya
data yang akurat dan dapat dipercaya maka diperlukan pengambilan data
dengan metode” survei yang terbagi menjadi 4 macam, yaitu sebagai
berikut: wawancara, kuiioner, observasi dan penentuan lokasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria konsumen berdasakan
jenis kelamin perempuan rata-rata 35-65% adalah perempuan yang
berlatar belakang ibu-ibu rumah tangga lulusan SMP dengan jumlah 45%
dari jumlah populasi konsumen.Preferensi konsumen dalam memilih
daging sapi di Kecamatan Sape rata-rata 45% warna merah, 50% ktriteria
daging has dalam, 50% empuk dan 50% aroma bau khas segar.
Berdasarkan sampel dominan konsumen dalam memilih atribut daging
sapi di pasar tradisional sape kabupaten Bima. Faktor yang
mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen adalah faktor
perbedaan individu dengan sumber daya konsumen 40% dari jumlah
populasi
Kesimpulan penelitian atribut daging sapi yang menjadi tingkat
preferensi konsumen di Kecamatan Sape, Kabupaten Bima yaitu daging
sapi yang berwarna merah, bagian daging has dalam, tekstur empuk dan
aroma yang segar. | en_US |