Pengaruh Electronic Money (E-Money), Electronic Banking (E-Banking), dan Brachless Banking Terhadap Profitabilitas Perbankan Periode 2016-2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh Electronic
Money, Electronic Banking, dan Brachless Banking terhadap Profitabilitas
Perbankan Periode 2016-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan
perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2019 yang
berjumlah 43 perusahaan perbankan. Penentuan samapel dalam penelitian ini
menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu, sehingga
diperoleh 9 perusahaan perbankan yang memenuhi kriteria dan dijadikan sampel
dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder sedangkan
metode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi yaitu dengan
mempelajari dan mengkaji laporan tahunan yang dipublikasikan di Bursa Efek
Indonesia.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
normalitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinieritas, uji
heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, uji regresi linier berganda, dan uji
hipotesis. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa secara simulatan
electronic money, electronic banking, dan brachless banking memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap profitabilitas. sedangkan secara parsial variabel electronic
money berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. Variabel
electronic banking dan brachless banking berpengaruh positif dan signifikan
terhadap profitabilitas.