Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Cabai Merah Keriting Di Desa Karangtawar Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan
Abstract
Salah satu jenis cabai yang memiliki permintaan tinggi adalah cabai merah keriting.
Permintaan terhadap cabai merah keriting untuk kebutuhan sehari-hari dapat berfluktuasi.
Untuk memenuhi seluruh kebutuhan cabai merah keriting tersebut diperlukan pasokan
cabai yang mencukupi. Apabila pasokan cabai kurang atau lebih rendah dari konsumsi
maka akan terjadi kenaikan harga. Sebaliknya apabila pasokan cabai melebihi kebutuhan
maka harga akan turun. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
karakteristik konsumen cabai merah keriting, (2) Menganalisis faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli cabai merah keriting
(Capsicum annum L.). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karangtawar Kecamatan Laren
Kabupaten Lamongan. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu
didasarkan atas pertimbangan berdasarkan kesesuaian karakteristik dan tujuan penelitian.
Responden di ambil dari penduduk di Desa Karangtawar sebanyak 438 KK, dengan
menggunakan teknik Accidental Sampling yaitu merupakan pengambilan sampel secara
kebetulan ada di tempat penelitian (Notoatmojo, 2010) sehingga didapatkan 40 responden.
Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data
menggunakan data primer dan data skunder, sedangkan analisis data yang digunakan
adalah analisis statistika (regresi model logit). Berdasarkan hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa secara signifikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan
konsumen dalam membeli cabai merah keriting adalah variabel harga, pendidikan,
pendapatan, dan selera, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah variabel kualitas
dan gaya hidup.