Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sayuran Hidroponik (Studi Kasus di PT. Pentario Liberia Persada Kebunsayur Surabaya)
Abstract
Penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam
membeli sayuran hidroponik di PT. Pentario Liberia Persada Kebunsayur Surabaya
telah selesai dilaksanakan dari tanggal 25 November 2020 sampai 25 Desember
2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor budaya,
faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, dan faktor 4P dalam bauran
pemasaran dalam membeli sayuran hidroponik. Sampel dibagi menjadi dua
kelompok yaitu: 1) konsumen yang membeli sayuran hidroponik, dan 2) konsumen
yang sedang melakukan kunjungan namun tidak membeli sayuran hidroponik.
Penelitian ini menggunakan regresi logistic biner. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi berpengaruh signifikan terhadap
keputusan konsumen membeli sayuran hidroponik, dan faktor psikologis dan faktor
4P dalam bauran pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen dalam membeli sayuran hidroponik